Zahra Aqiqah

Aqiqah adalah wujud syukur kita kepada Allah

Aqiqah adalah wujud syukur kita kepada Allah karna kita merayakan aqiqah memotong rambu si bayi yg baru lahir menurut para ulama aqiqah itu bisa dikatakan sunnah mauakad karna bila kita mampu maka dilaksakan aqiqah.
Bahasa dan istilah aqiqah adalah memotong menurut bahasa Arab aqiqah adalah memotong.dari Abu Ubaid aqiqah mengatakan bahwa aqiqah yang artinya adalah memotong rambut atau bulu yang ada pada bayi ketika baru dilahirkan.
 
Aqiqah juga salah satu melakuka sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S. Dengan Rahmat Allah dan lindunganNya semoga bayi yang dilahirkan dapat terjaga dari rayuan dan bisikan iblis atau jin yang membututi sang bayi saat baru lahir. 
 
Syarat Ketentuan Aqiqah
 
Hewan aqiqah ialah jenis kambing atau domba yang sehat dan berumur minimal setengah tahun sampai 1 tahun. Bagi anak laki-laki syarat aqiqahnya ialah 2 ekor hewan kambing atau domba, sementara bagi anak perempuan ialah 1 ekor hewan kambing atau domba.
 
Syarat Ketentuan Hewan Aqiqah, ketentuan ataupun syarat hewan aqiqah sebanding halnya dengan ketentuan atau syarat hewan qurban yakni umurnya memadai 
maksudnya sudah memadai atau lebih dari satu tahun dan hewan terbilang sehat secara fisik tanpa adanya cacat di hewan aqiqah tersebut.
 
Waktu Penerapan Aqiqah
 
Pemotongan hewan berbarengan dengan kelahiran jabang bayi atau syarat yang dilaksanakan pada hari ke-7 kelahiran bayi tersebut, tetapi apabila pada hari ke-7 setelah lewat maka penerapan aqiqah bisa pada hari ke-14 ataupun bisa pada hari ke-21.
 
Sebelum menyembelih hewan, harus membaca Basmallah terlebih dahulu
setelah itu, membaca Sholawat Nabi. Disembelih oleh orang yang berilmu tentang aqiqah. Setelah disembelih, daging dari hewan tersebut bisa dibagikan ke yatim piatu atau bisa dimasak dan dibagi-bagikan ke tetangga. Selanjutnya, bayi tersebut dicukur rambutnya dan diberikan nama bayi tersebut agar kelak menjadi anak yang sholeh/ sholihah